Sabtu, 27 Februari 2010

Teknologi yang Menjembatani

Perangkat komputasi menjadi sesuatu yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern, entah untuk mendukung pekerjaan, menjalankan hobi, atau mengakses jejaring sosial di internet yang kini tengah digandrungi.
Perangkat penting dalam interaksi antara manusia dan komputer adalah mouse (tetikus) , dengan alat yang ditemukan Douglas Engelbart pada tahun 1963 dan awalnya diberi nama “bug” ini pengguna dapat menjelajah ke setiap sudut yang ditampilkan monitor.
Meski tampak sederhana, tetikus menjadi perangkat yang tanpanya sebuah komputer PC seolah tidak berguna sama sekali. Pengguna memang masih dapat menggunakan keyboard, akan tetapi bayangkan betapa sulit dan repotnya hal tersebut.
Teknologi yang dibenamkan pada tetikus sendiri terus berkembang. Dari yang terpaku pada model yang menggunakan kabel melalui sambungan serial, perkembangan berlanjut dengan menggunakan USB (universal serial bus) yang penggunaannya jauh lebih mudah karena langsung bisa dikenal oleh sistem operasi yang digunakan pada komputer PC .
Sementara kini jamak dijumpai tetikus yang tidak menggunakan kabel, tapi menggunakan gelombang sehingga lebih praktis.

Reference : Kompas, 25 Februari 2010

0 komentar:

Posting Komentar