Minggu, 14 Februari 2010

sistem operasi

Awalia Khumaira
10108358
2KA06
Tugas Sistem Operasi
LINUX
Sistem operasi merupakan piranti lunak komputer yang bertugas sebagai alokator sumber daya yang ada pada komputer, sehingga dapat dipakai seefisien mungkin, guna
menunjang kinerja komputer itu sendiri. Sistem operasi juga merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan system operasi lainnya dijalankan setelah system operasi berjalan. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu system operasi.
Berbagai macam jenis system operasi yang ada seperti windows xp, windows vista, dan banyak lagi. Disini saya akan mencoba membahas tentang system operasi “Linux”. Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata “Linux”, apalagi untuk mereka yang mengambil jurusan tentang komputer yang mempelajari tentang berbagai macam software dan hardware pada komputer, Banyak dikalangan mereka menggunakan linux karena berbagai macam alasan, Banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan linux, dan karena Linux adalah system operasi yang sekarang sudah mulai banyak dikenal dan digunakan oleh user. Dan merupakan system operasi yang cukup populer di Indonesia.
Linux merupakan Operating System yang bertipe Unix “OS yg kompatibel dengan Unix”. Linux memiliki jenis dan versi yang berbeda-beda dan terus berkembang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna Linux.
Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Kelebihan Linux secara umum
Linux merupakan sistem operasi bebas (semua orang bisa memakai dan mengembangkannya sendiri) dan terbuka alias tidak ada biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux (gratis).
Linux dengan tampilan visual yg memudahkan dalam penggunaannya. Efek 3D dimensi untuk desktop pun sudah bisa dinikmati.
Linux memiliki aplikasi yg lengkap dan terus dikembangkan “ aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat di Linux”
Linux relatif stabil
Penggunaan Linux hanya memerlukan komponen komputer yg kecil dengan kata lain computer yg “Jadul” pun bisa dipakai.
Linux aman dari serangan virus.
Linux juga multiuser dan multitasking
Kekurangan Linux
Belum banyak games besar yang bersedia dijalankan pada platform linux
Software linux masih jarang ditemukan.
Saya belum tau pasti apa kekurangan yang ada pada Linux, saya sudah mendengar kata linux sudah lama, dan belum mencoba menggunakannya. Saya baru sekedar mencari informasi tentang Linux dari teman-teman saya dan dari internet. Teman-teman saya banyak yang menggunakan linux, karena berbagai macam keuntungan tersebut.
Sekarang ini Linux telah digunakan di berbagai domain, dari sistem benam sampai superkomputer, dan telah mempunyai posisi yang aman dalam instalasi server web dengan aplikasi LAMP-nya kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python yang populer. Pengembangan kernel Linux masih dilanjutkan oleh Torvalds, sementara Stallman mengepalai Yayasan Perangkat Lunak Bebas yang mendukung pengembangan komponen GNU. Selain itu, banyak individu dan perusahaan yang mengembangkan komponen non-GNU. Komunitas Linux menggabungkan dan mendistribusikan kernel, komponen GNU dan non-GNU dengan perangkat lunak manajemen paket dalam bentuk distribusi Linux.
Linux tidak hanya digunakan bagi kalangan mahasiswa saja. Tetapi bagi mereka yang ingin membuka usaha warnet atau rental, sekarang ini sudah ada yang menggunakan Linux. Memang tidak biasanya , mereka yang membuka usaha warnet atau komputer mereka biasanya menggunakan windows. Karena Windows lebih mudah dan secara umum sudah dikenal dan dipahami oleh masyarakat umum. Saya mendengar cerita dari teman , bahwa ada salah satu warnet di daerah Jakarta yang system operasinya menggunakan Linux, menurut saya cukup luar biasa , dan ternyata warnet tersebut memang sepi pengunjung walaupun tempat tersebut merupakan tempat yang strategis dan ramai. Itu karena sebagian besar dari mereka tidak paham tentang system operasi linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence)


Reference :
www.google.com
www.yahoo.com
www.wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar