Minggu, 21 Februari 2010

menyelam

Ramai-ramai Menyelam

Menyelam atau diving. Olahraga yang satu ini memang sedang naik daun beberapa tahun terakhir dan menarik hati individu dari berbagai usia. Mulai dari usia 10 tahun hingga mereka yang telah memasuki usia pensiun, beramai-ramai merambah dunia laut dan menyelami keindahan panorama di bawahnya.
Usia 10 tahun memang minimal usia untuk memperoleh sertifikat diving dari PADI (Professional Association of Diving Instructors), sebuah jaringan diving terbesar di dunia. Jumlah peminatnya juga terus meningkat dari tahun ke tahun, “Kalau yang belajar diving di sini, tahun 2008 kita mengeluarkan 200 sertifikat, sementara hingga bulan November ini sudah ada sekitar 300 sertifikat, “ujar Fransiska Anggaraini,, instruktur diving Divemaster Indonesia.
Gara-gara olahraga ini semakin dikenal, berbagai wilayah perairan di Indonesia yang diberkahi keindahan bawah laut kini diserbu oleh para driver. Baik local maupun mancanegara. Hal ini pun member keuntungan tersendiri untuk tempat-tempat di Indonesia yang sebelumnya tak dikenal, kini berkembang menjadi obyek wisata baru yang terus mempercantik diri.
Ambil contoh Raja Ampat di Papua, Pulau Weh di Sumatera, atau Wakatobi di Sulawesi. Masing-masing menampilkan keindahan bawah laut yang membuat para diver langsung jatuh cinta di pandangan pertama.
Akan tetapi, olahraga ini bukanlah jenis olahraga yang bisa langsung terjun tanpa persiapan. Meski diving kental dengan unsure relaksasi, jika ingin benar-benar terjun sebagai penyelam harus memiliki sertifikat terlebih dulu. Pasalnya, ada banyak hal teknis yang harus diketahui ole para penyelam mengingat olahraga ini pun mengandung resiko.
Sebagai tahap awal, jika hanya ingin “berkenalan” dengan kegiatan ini, bisa mengambil Discover Scuba yang memang dikhususkan untuk uji coba. Untuk discover scuba, tidak ada kursus sebelumnya, tidak memerlukan sertifikat, dan hanya untuk satu kali penyelaman.
Ketika menyelam, ada seorang instruktur yang akan memandu, berhubung olahraga ini memang tidak boleh sendirian. Kedalaman yang dicapai maksimal hanya 12 meter namun cukup untuk melihat berbagai biota laut yang ada.
Biasanya, discover scuba ada di berbagai resor di wilayah pantai yang memang menyasar orang-orang yang sedang berlibur dalam waktu singkat dan ingin mencicipi asyiknya menyelam.

Reference : Kompas, 17 November 2009

0 komentar:

Posting Komentar