Minggu, 14 Februari 2010

Belum 5 menit eitsssssssss ntar dulu

Kalo biasanya makanan yang mau dimakan tiba-tiba jatuh ke lantai, biasanya kita selalu memungutnya lagi dan ngomong “ belum 5 menit “ . maklum , sayang katanya, daripada dibuang begitu aja mendingan dimakan. Padahal, nggak ada makanan yang sehat kalo udah jatuh ke lantai, walaupun dalam hitungan detik sekalipun . wah beneran nih?????
Menurut sebuah penelitian, bakteri yang menyusup ke dalam makanan sewaktu berada di lantai berlangsung sangat cepat. Malahan lebih cepat dari gerakan si pemilik makanan loh. Paul Dawson, ilmuan bidang makanan dari Clemson University , ,South Corolina, Amrik, sempat melakukan penelitian tentang kontaminasi makanan. Jadi potongan roti dijatuhkan ke lantai keramik, kayu dan karpet dengan bakteri Salmonella selama 5 sampai 60 detik.
Hasilnya makanan yang jatuh ke lantai selama 5 detik terkontaminasi sekitar 1800 bakteri. Sementara kalo makanan yang udah dilantai selama 1 menit, maka jumlah bakteri yang menempel sebanyak lebih dari 10 kali lipatnya.. kebayang dong kalo makanan yang jatuh ke lantai sudah lebih dari 1 menit bahkan 5 menit ? jumlah bakterinya terus berlipat-lipat.
Memang ada baiknya lantai selalu dibersihin sama cairan anti kuman. Tapi jauh lebih baik kalo makanan yang udah jatuh ke lantai sebaiknya dibuang aja. Jangan berpikir kalo lantai atau meja dapur yang terlihat bersih itu aman. Karena bakteri, seperti Salmonella ternyata sanggup bertahan selalma 4 minggu. Buah, sayur, dan unggas bisa dibilang makanan yang paling mudah terkontaminasi dengan bakteri. Jadi kudu dibersihkan ketika mau dimakan atau diolah sampai matang.
Sebagai informasi nih , 3 tahun yang lalu dalam durasi 8 bulan ada sekitar 11 ribu orang keracunan makanan. Sepuluh diantaranya meninggal dan lebih dari 4000 orang kudu dirawat dirumah sakit . fakta ini dirilis sama Portal Nasional Pemerintah Indonesia. Dan kabarnya , gejala semacam ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. So jangan anggap remeh ya .

Reference : kompas

0 komentar:

Posting Komentar