Jumat, 05 Februari 2010

Teknologi untuk manusia

TEKNOLOGI UNTUK MANUSIA

Server Web dalam genggaman

Sekitar 30 tahun lalu, perangkat computer adalah sebuah barang yang sangat mewah. Hanya segelintir perusahaan besar, sector pemerintahan, atau lembaga penelitian saja yang mampu memilikinya. Pada saat yang bersamaan, Bill Gates mengungkapkan sebuah mimpi yang cukup kontradiktif pada saat itu, yaitu sebuah mimpi mengenai “satu perangkat computer di setiap rumah”.
Bila berkaca pada perkembangan teknologi saat ini, ternyata mimpi tersebut telah metemorfosa menjadi sebuah fakta. Hampir setiap rumah, khususnya di kota besar, telah dilengkapi dengan sebuah perangkat computer dalam bentuk PC atau laptop. Perkembangan PC yang sangat pesat ini juga diikuti oleh perangkat teknologi lain yang mengarah ke mobilitas, seperti laptop dan telepon seluler. Lalu bagaimana dengan perkembangan teknologi server ?
Perkembangan teknologi server memang tidak sepesat perkembangan perangkat computer lain, mengingat pasaran server yang terbatas. Namun, perkembangan terknologi server akan mulai semarak dengan hadirnya Windows Server 2008 pada awal tahun. Bagi beberapa praktisi teknologi informasi, kehadiran teknologi baru ini akan memicu berbagai pembahasan mengenai fitur terbaru, teknologi terbaru, atau pembahasan tentang komparasi dengan teknologi-teknologi telah hadir terlebih dahulu.
Namun, pembahasan teknis tersebut mungkin tidak akan selalu menarik bagi setiap orang. Setiap orang memiliki pandangan berbeda, namun pandangan secara umum adalah sebuah teknologi tinggi yang digunakan terbatas di lingkungan perusahaan, organisasi, atau akademis.
Salah satu fungsi server adalah sebagai server web yang memungkinkan server tersebut mengelola beberapa situs web dan melayani browser dari klien yang mengakses halaman yang terdapat dalam situs web tersebut. Sebuah server web mampu memberikan layanan halaman web, file, gambar, atau data kepada klien yang mengakses. Server web adalah fungsionalitas yang paling umum yang diplementasikan dalam sebuah server. Sebuah server web dapat mengelola beberapa situs web dan setiap situs dapat diakses oleh beberapa klien.
Dampak dari sentralisasi informasi ini adalah kebutuhan akan sistem server yang dituntut untuk mampu melayani sebanyak apa pun klien yang mengakses. Selain itu, sentralisasi ini menjadikan internet yang tanpa batas yang seharusnya juga harus dimiliki semua orang.

Adaptasi server
Bagaimana membuat internet menjadi milik semua orang?bila web yang diletakkan di Indosat hanya dimiliki oleh segelintir orang, maka jawabannya adalah bagaimana bila setiap orang memiliki sebuah server web dalam genggamannya, sehingga setiap pengguna perangkat genggam memiliki situs web masing-masing dan memiliki hak administratif terhadap situs web yang dikelolanya. Jika Bill Gates 30 tahun lalu berangan-angan mengenai kehadiran sebuah perangkat computer dalam setiap rumah, mungkinkah angan-angan mengenai hadirnya sebuah server dalam genggaman dapat terwujud ?
Lahirnya windows server 2008 yang dilengkapi dengan web Server Internet Information Services Seven adalah sebuah fenomena tersendiri. Aplikasi IIS7 bersifat moduler, yang artinya dapat dikonfigurasi sesuai dengan keperluan, sehingga secara teori, adaptasi teknologi server web untuk perangkat genggam bukan merupakan sesuatu yang mustahil.
Perangkat genggam terbaru saat ini beredar rata-rata sudah dilengkapi dengan prosesor yang cukup memadai, memori yang besar, dan kapasitas penyimpanan data yang lebih dari cukup untuk menjadikan perangkat genggam tersebut menjadi sebuah server web. Dukungan teknologi IPv6 juga membuat konsep teknologi ini dapat terwujud, karena IPv6 mampu untuk memberikan satu juta alamat internet Protocol yang berbeda hanya untuk satu meter persegi luas permukaan bumi.
Dengan demikian, setiap objek elektronik yang ada di Bumi dapat memiliki satu alamat IP. Setiap perangkat genggam yang menjadi server web dapat memiliki satu alamat IP public sendiri. Bila konsep ini terwujud, maka dibutuhkan dukungan dari operator sebagai penyedia jasa komunikasi untuk melakukan modifikasi terhadap firewall, karena biasanya operator melindungi jaringan di dalamnya terhadap akses dari luar dengan menggunakan firewall.
Ini dapat dilakukan dengan memasang Terminal Service Gateway untuk menjaga akses informasi masuk dan keluar.
Terminal Service Remote Aplication pun dapat diandalkan, untuk meminimalisasi deployment aplikasi di perangkat genggam.
Melakukan pengembangan aplikasi di atas perangkat genggam pun saat ini bukan merupakan momok yang menakutkan lagi, karena dengan hadirnya beberapa platform pendukung untuk pengembangan aplikasi perangkat genggam seperti Net Framework

Server kehidupan
Jika konsep teknologi ini mampu mewujudkan menjadi layanan massal, maka teknologi ini akan mengubah peta dunia maya secara signifikan dan mengubah internet menjadi arena permainan yang sangat berbeda drastis. Setiap orang memiliki hak yang sama, baik untuk mengakses maupun diakses.
Web tidak hanya menjadi monopoli perusahaan atau organisasi, namun setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan situs web yang dapat diakses secara global. Jika setiap telepon genggam yang dibuat dilengkapi dengan sebuah server web, tentu hal ini akan meningkatkan kecepatan lahirnya situs web baru.
Koneksi web dapat terdistribusi secara jauh lebih luas lagi karena sentralisasi informasi sudah tidak terjadi lagi. Setiap penghuni Bumi dapat langsung berhubungan dengan yang lain dengan koneksi peer-to-peer yang tentunya akan mendistribusikan bandwidth secara lebih merata.
Hal ini akan berdampak tidak hanya bagaimana sebuah telepon genggam menjadi sebuah server web genggam, namun juga bagaimana teknologi server mampu memberikan kehidupan yang lebih baik lagi bagi umat manusia.

www.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar