Sabtu, 27 Februari 2010

Menghindari Rasa Sakit Saat Menggunakan Mouse

Bagi mereka yang sehari-hari bekerja di depan komputer dan menggunakan tetikus, mugkin pernah merasakan sakit, terutama pada bagian lengan atau pergelangan. Hal ini boleh jadi muncul karena sikap dan posisi duduk saat menggunakan kurang tepat.
Untuk menghindari hal tersebut, ada bebeapa hal yang patut diperhatikan. Pertama adalah dengan menempatkan tetikus di dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard. Hal ini dimaksudkan agar pengguna komputer bisa lebih mmudah meraih dan menggunakan tetikus.
Perlu diperhatikan pula posisi duduk, ambil posisi duduk tegak, jangan membungkuk, loyo, atau lesu, karena akan mengakibatkan sakit punggung.
Untuk tetikus yang masih menggunakan bola, bersihkan perangkat tersebut secara berkala karena kotoran yang masuk dikhawatirkan akan mengganggu gerak kursor. Demikian pula untuk menggunakan mouse pad, lagi-lagi agar gerakan kursor menjadi lebih lembut.
Kemudian agar pergelangan tangan tidak terlampau lelah, ada baiknya untuk menggunakan wrist rests di mana bantalan yang biasanya berisi silikon bisa memberi kenyamanan saat menggunakan tetikus.

Reference : Kompas , 25 Februari 2010

0 komentar:

Posting Komentar