Rabu, 26 Mei 2010

Perkembangan Input Output


Perkembangan Teknologi Perangkat Input Output

Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.


Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizergraphicstablet,scanner.
- Peralatan input tidak langsung, input yang dimasukkan melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punchedcard,disket,danharddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan alat input yang paling penting dalam mengolah data pada computer. Fungsi dari keyboard adalah untuk menginput huruf, angka, karakter khusus.

Jenis-jenis keyboard ::
1.QWERTY
2.DVORAK
3.KLOCKENBERG
KEYBOARD yang kita gunakan sekarang ini adalah keyboard tipe Qwerty.

b.Mouse
Mouse adalah salah satu bentuk unit device, bentuk mouse seperti tikus. Fungsi dari mouse adalah untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya dan biasanya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Dan saat ini mouse sudah dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll) dan terletak ditengah, antara tombol kiri dan kanan.
Fungsi dari tombol kiri atau sering disebut dengan klik adalah jika mouse berada pada objek yang dituju. Kemudian fungsi dari drag adalah untuk menggeser , kita dapat menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Dan fungsi dari tombol atau kanana yaitu klik kanan mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan muse satu kali disebut dengan klik kanan (right click).

c.Toucpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d.Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.Scanner
Scanner merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,

f.Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Dan biasanya digunakan barcode untuk mempermudah melihat kode barang-barang, seperti pada minimarket.

2. Process device (unit Pemrosesan)
Process device atau unit pemrosesan atau perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

3. Output device (unit keluaran)
Output device atau perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.

I/O sangat berpengaruh pada kinerja sebuah sistem komputer. Hal ini dikarenakan I/O sangat menyita CPU
dalam pengeksekusian device driver dan penjadwalan proses, demikian sehingga alih konteks yang dihasilkan membebani CPU dan cache perangkat keras. Selain itu, I/O juga memenuhi bus memori saat mengkopi data antara controller dan physical memory, serta antara buffer pada kernel dan application space data. Karena besarnya pengaruh I/O pada kinerja komputer inilah bidang pengembangan arsitektur komputer sangat memperhatikan masalah-masalah yang telah disebutkan diatas.


Reference :

http://rudihd.wordpress.com/2007/05/21/perangkat-keras-komputer-input-device/

http://wss-id.org/blogs/hera_a1_sby/archive/2007/09/23/perangkat-keras-hardware.aspx

0 komentar:

Posting Komentar