Rabu, 24 Maret 2010

Control Panel

TUGAS SISTEM OPERASI
CONTROL PANEL PADA WINDOWS XP

Awalia Khumaira (10108358)
Agus Setiawan (10108114)
Novia Ristian Dani (11108442)

2KA06
Universitas Gunadarma




Control Panel pada Sistem Operasi Windows XP SP3

Sistem operasi Windows XP yang Anda gunakan dapat diatur sedemikian rupa, misalnya penggunaan perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengaturan konfigurasi ini terdapat pada fasilitas Control Panel.
Lihat gambar dibawah ini.
Di bawah ini tampilan dari control panel




•Display
Display terdapat menu bar yang terdiri dari themes digunakan untuk mengganti tampilan, desktop digunakan untuk mengganti tampilan layar,screen savers adalah sebuah program yang dijalankan ketika PC/Laptop sedang tidak dipakai dan juga untuk menyelamatkan layar dari sinar matahari langsung, appearance digunakan untuk mengganti tampilan, dan settings digunakan untuk mengatur resoluti dan bit yang akan dipakai.

•Mouse
Pada jendela mouse terdapat menu bar yang terdiri dari button digunakan untuk mengatur penggunaan mouse yang diinginkan bisa untuk melakukan draging dan select,kecepatan,mengunci pada saat melakukan dragging.pointers digunakan untuk melakukan pemilihan terhadap kursor,pointer options digunakan untuk mengatur kursor.wheel ,hardware.

•Printer
Pada menubar printer terdapat options untuk connect ke printer tersebut,properties apabila ada pengaturan yang akan kita ubah dan close apabila selesai menggunakannya.
Document.Ada option pause apabila hendak melakukan pause/berhenti sebentar/istirahat di saat mencetak file.resume unuk melanjutkan setelah melakukan pause.restart untuk memulai proses pencetakan dari awal lagi.cancel untuk membatalkan.View
Untuk memunculkan atau menghilangkan status bar pada detailboxHelp
Memberitahukan kepada user apabila ada masalah dalam proses pencetakan dan terdapat panduan-panduan untuk mencetak sebuah dokumen.

•Sound and audio devices properties
Sound and audio devices terdapat menu bar volume ,sounds,audio,voice,hardware.dimana fungsinya untuk merubah pengaturan tetang suara,speaker pada computer.

•Add hardware
Add hardware adalah untuk menginstal atau mengeahui masalah yang terdapat pada hardware suatu computer.klik next dan seterusnya apabila hendak melakukan penginstalan.

•Progran Update
Merupakan software untuk mengatur pengupadetan dimana terdapa status,setting dan history.

•Realtek sound sd maneger
Tempat pengaturan sound yang akan kita gunakan apkah akan memakai effect,mengatur audio I/O,Microphione,3D audio demo.dll

•Symantec Liveupdate
Merupakan salah satu software untuk mengatur bagaiman kita ingin menggunkannya apakah interaktive mode,atau express.bisa juga untuk mengatur FTP,HTTP,ISP,dll.

•Windows card space
Merupakan sebuah sistem untuk mebuat jejearing hubungan dengan website dan servis online.

•Power options
Pada power options melakukan pengaturan ntuk batrei yang di gunakan pada laptop terdapat menu bar Power schemes terdapat pilihan batrei yang di gunakan dalam kondisi max,min,dalam laptop atau persentasi lalu ada pengaturan untuk system yg digunakan. Alarm gunanya untuk memunculkan tulisan di monitor apabila batrei dalam keadaa lemah atau low battery.

•Bagian pada control panel yang berfungsi untuk mengatur software(Perangkat Lunak):

1.Add or Remove Program
Merupakan salah satu tool yang digunakan untuk menginstal atau meng-uninstal softwareDalam Add or Remove Program ini terdiri dari 3 bagian yaitu :

a.Change or Remove programs
Di dalamnya berisi program-program yang disusun berdasarkan nama, kapasitas memori, frecuency of use, dan program terakhir yang digunakan, dimana program-program tersebut terdapat di PC. Dan kita dapat mengganti (change) atau memindahkan (remove). Berikut tampilannya:

b.Add New Program
Merupakan suatu fasilitas untuk melakukan penginstalan

c.Add or Remove windows component
Dapat menambahkan atau memindahkan komponen-komponen windows yang diinginkan.

d.Set Programs Acces and Default
Digunakan supaya kita dapat mengeset program melalu internet agar lebih mudah dan cepat serta memberitahukan ke kita tentang segala informasi yang dibutuhkan ataupun kegagalan dalam proses tersebut.

2.Automatic update
Suatu tool yang akan aktif jika windows atau aplikasi2 lainya membutuhkan update,secara otomatis akan mengupadate dengan sendirinya

3.Date and time
Date & time
Date user dapat menentukan bulan dan tahun pada masing-masing list box dan dibawahnya merupakan angka yang ada pada bulan tersebut.Time user dapat menentukan jam pada kotak dialog tersebut.Time zone untuk menentukan wilayah waktu yang akan digunakan.Internet time untuk mengatur waktu sinkronisasi PC dengan internet.

4.Regional and Language system
a.Regional Option
•Standard and Formats digunakan menentukan format bahasa, tulisan, jenis huruf, symbol, sampai hari dan waktu yang diinginkan.
•Location
Untuk menyediakan layanan bantuan dengan informasi local.
b.Language
Text services and input languages
Untuk mengganti bahasa dan mode penulisan yang akan digunakan oleh PC/Laptop.Dapat dilakukan di setting dan advanced.Supplemental language support untuk menentukan bahasa yg dipakai.

c.Advanced
Default user account settings digunakan apabila kita ingin menggunakan semua penagaturan account pengguna yang ada dan rincian kesalahan pengguna.

5.Security center
Mengatur keamanan PC untuk internet option, automatic update, dan windows firewall.

6.Speech
Suatu tool untuk PC/Laptop berbicara dengan pengaturan ketik pada use the following text to preview the voice, dan untuk mengatur kecepatan suara pada voice speed . Untuk mengatur keluaran suara user dapat mengklik pada command button audio output.

7.Taksbar and Start menu
a.Taksbar
Untuk mengkostumasi star menu dan taskbar misalnya seperti bagaimana seharusnya item-item dimunculin dan cara munculnya
Pada Taskbar Apreance terdapat pengaturan untuk:
•Lock the taskbar, yang berarti taskbar akan terus tampil baik user sedang menggunakan PC ataupun tidak.
•Auto hide the taskbar, yang berarti taskbar tidak akan ditampilkan.
•Keep the taskbar on top of other windows, yang berarti taskbar tidak akan muncul bila user sedang tidak membutuhkannya.
•Show quick lunch, yang berarti taskbar akan menampilkan icon program yang bila diklik langsung terhubung dengan program tersebut.

Pada notification Area terdapat beberapa pilihan yang dapat digunakan oleh user, seperti:
•Show the clock,menampilkan icon-icon yang jarang digunakan oleh user dan selalu bergerak teratur seperti clock,sound,dll.
•Hide inactive icon, berarti tidak menampilkan icon-icon seperti yang dijelaskan sebelumnya.

b.Menu
Sebuah pengaturan untuk mengatur tampilan pada star,terdapat dua mode classic dan modern

•User Account
User Accounts berfungsi untuk menentukan pemakai dengan format dan setting sesuai dengan keinginan.
Klik pilihan Change an account apabila akan merubah account
Pilih Create a new account apabila ingin membuat pemakai computer baru.
Akan muncul kotak dialog dengan pilihan sebagai berikut:
-Change the name digunakan untuk merubah nama pemakai computer yang telah dibuat
-Create a password digunakan untuk membuat atau memberikan password untuk dapat masuk ke computer Anda.
-Change the picture digunakan untuk merubah gambar atau mengganti gambar sesuai dengan keinginan Anda.
-Change the account type digunakan ntuk merubah jenis account yang telah dibuat sebelumnya, yaitu Computer Adminstrator atau Limited.
-Delete the account digunakan untuk menghapus account pemakai computer sesuai dengan keinginan Anda.
.
•Accessibility Options

Accessibility Options di gunakan untuk melakukan pengaturan keyboard agar dapat melakukan stickkeys,filterkeys,dan toggle keys, sound dapat disetting agar windows memberikan peringatan visual,display dapat disetting agar dapat mengatur contras,juga dapat mengatur pergerakan kursor , mouse , dan general digunakan untuk mengatur Automatic reset
Automatic reset memungkinkan untuk me-reset otomatis. Digunakan untuk menonaktifkan seluruh fitur aksesibilitas(akses) setelah computer diam selama waktu tertentu.
Notification terdapat 2 checkbox, pada checkbox pertama Digunakan untuk memberikan pesan peringatan saat fitur diaktifkan. Dan pada checkbox kedua Digunakan untuk membuat suara saat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur.Serialkey device untuk membuat perangkat alternatif(pilihan) untuk fitur keyboard dan mouse.Administrative option memiliki 2 buah checkbox, checkbox pertama menggunakan semua pengaturan untuk log on desktop dan pada checkbox kedua menggunakan semua pengaturan untuk default user baru.

•System
System digunakan untuk melihat informasi tentang system computer, mengubah setting dari hardware,tampilan, dan automatic update.
System terdiri dari menu bar general digunakan untuk melihat spesifikasi komputer,computer name untuk memberikan nama pada komputer, hardware adalah sebuah pengaturan untuk device maneger,driver,dan hardware profile, advance dapat melakukan performance,user profil,startup recovoery, system restore adalah sebuah tool untuk mengembalikan keadaan yang pernah terjadi, automatic update, dan remote adalah untuk mengendalikan computer dari jauh dengan user yg telah yg ditentukan.

0 komentar:

Posting Komentar