Minggu, 28 Maret 2010

Asrama Oh Asrama..

Gk pernah kepikiran buat tinggal di asrama, jangankan buat tinggal, ngunjungin tempat yang kaya beginian juga nggak.
Gini ceritanya. Setelah lulus dari Sekolah Dasar alias SD, pengen nerusin sekolah yaitu SMP yang tempatnya nggak jauh dari rumah, rumah aku di Jakarta. Terus nggak tau kenapa pas mau nyari-nyari sekolah, eh orangtuaku bilang katanya aku udah di daftarin sekolah, di Bogor tepatnya. Uuuh kagetnya minta ampun , kebayang mau tinggal sama siapa disana, makan sehari-hari, tidur, segala urusan yang biasanya di urusin sama orang tua, terus gimana dengan saya disana, bingung? Cuma itu yang ada dipikiran ku saat itu , gk tau harus gimana lagi, sempet nolak dan nggak mau harus sekolah di Bogor, nggak kebayang sama sekali. Tapi mau gimana lagi, daripada nggak sekolah, betul nggak..
Sedih ninggalin Jakarta, karena dari lahir sampe sekarang aku tinggal di Jakarta, dan saya harus meninggalkan tempat ini, meninggalkan orangtua, saudara, teman-teman, duh sedih deh pokoknya. Bayangin aja baru lulus SD, masih bocah ingusan harus jauh dari orangtua. Dan harus melanjutkan sekolah SMP di tempat yang menurut saya asing dan harus beradaptasi.
Buat apa disesali, toh perjalanan masih panjang, jangan menyerah sebelum berusaha. Akhirnya tiba waktunya untuk berkemas, pindah ke Bogor untuk menempati suasana baru, teman baru, lingkungan baru, dan segalanya yang baru, siap nggak siap harus bisa merelakan semua yang indah di Jakarta.
Dan, aku tiba di Bogor, mungkin baru pertama kalinya aku ke tempat seperti ini, bangunan tinggi berlantai 3, aku dan orangtuaku berjalan menuju asrama dengan membawa segala macam peralatan dan barang-barang yang aku bawa dari Jakarta, repotnya minta ampun, kaya orang mau pindahan gitu.
Dag..dig..dug..itu yang aku rasakan saat aku masuk ke dalam asrama, ramai, riuh, semua campur aduk. Aku cari kamar untuk aku tempati, dan aku sekamar dengan temanku yang juga berasal dari Jakarta, hanya temanku ini baru lulus SMP dan ingin melanjutkan ke SMA. Seneng udah dapet temen, seenggaknya biar ada temen ngobrol dan nggak kesepian.
Selesai beres-beres kamar baru, udah sore juga, orangtuaku pamit mau pulang ke Jakarta, duh nggak rela mereka pergi ninggalin aku. Aku pengen mereka disini sama aku untuk beberapa hari ini, sampai aku bener-bener betah untuk tinggal di asrama. Tapi mana mungkin, mereka nggak di ijinin buat nginep dan menemani anaknya. Aku nangis sekenceng-kencengnya, sampe aku jadi perhatian banyak orang, nggak peduli mereka mau bilang apa tentang aku, terserah mereka mau bilang aku cengeng atau apalah, yang jelas aku nggak mau orangtuaku pergi ninggalin aku.
Mereka mencoba menenangkan aku, mereka bilang kalo mereka akan sering ngunjungin aku, bawain aku makanan kesukaan aku, dan segala yang aku butuhin di asrama.
Dan orangtuaku bener-bener harus pergi meninggalkan aku disini, hhuufff..mau gimana lagi, aku pergi ke kamar, melanjutkan untuk menangis, hhiikkss…
Teman baruku mencoba menghibur ku, sedikit agak lega, dan sedikit agak tenang.
Hari itu pun aku berkenalan dengan teman-teman yang lainnya. Dan aku nggak nyangka, ternyata mereka berasal dari berbagai daerah, ada yang asalnya dari Cilegon, Ciamis, Cianjur, Tasik Malaya, Bandung, yah pokoknya daerah JawaBarat mendominasi, tapi ada juga loh yang dari BaBel alias Bangka Belitung, wiiw jauh juga ya, aku mikir kok mereka mau ya tinggal jauh dari orangtuanya dan tinggal di asrama seperti aku..
Nggak terasa waktu sudah malam, inget sama ibu, kangen sama mereka, padahal baru sehari aku ditinggal sama mereka, gimana kalo berhari-hari, berbulan-bulan, nggak bakal betah aku kalo sampe kaya gini. Udah malem , nggak bisa tidur, kepikiran mereka terus. Nangis lagi, ya ampun , aku tuh cengeng bangeet, malu sama mereka (temen-temen aku yang rumahnya jauh, tapi bisa tetap tegar gitu) bisa ketawa, bercanda, tapi aku?? Kerjaan aku Cuma nangis seharian. Temen-temenku berusaha buat menghibur, mereka ngajak aku bercanda, ketawa bareng, cerita tentang daerah asal, seru-seruan deh pokoknya.
Sempet nggak ngerti apa yang mereka omongin, mereka begitu sangat akrab, seolah-olah sudah kenal lama, padahal baru sehari ini mereka berkenalan, aku coba seperti mereka.
Waktu mereka ngobrol, cerita-cerita, dan aku nggak ngerti bahasa apa yang mereka gunakan, karena mungkin aku orang Jakarta, pas mereka cerita, sampe ada yang ketawa terbahak-bahak aku pun diam, dan hanya diam karena aku nggak ngerti, mereka bertanya padaku, “kok kamu diam aja??” kata salah satu temanku , aku nggak ngerti apa yang kalian omongin, dengan tampang polosku. Dan temanku bertanya lagi padaku ,”emang asal kamu dari mana ??” , aku jawab:”aku dari Jakarta”, kataku dengan tampang bingung.
Mereka lalu tertawa, bikin aku tambah bingung. Oooh pantes nggak ngerti apa yang kita omongin, kata salah satu dari mereka. Kita ngomong pake bahasa Sunda, ada yang pake bahasa Jawa juga, duh pokoknya tuh bahasa campur aduk deh. Kalo ada yang sekiranya lucu, yaa aku ikut-ikutan aja ketawa, padahal aku nggak ngerti apa yang mereka tertawakan. Hhhiii..
Sekalipun aku nggak ngerti apa yang mereka omongin, pasti aku akan bilang sama mereka kalo aku nggak ngerti dengan bahasa yang mereka gunakan, terus aku bilang aja sama mereka, mending ngobrolnya pake bahasa Indonesia aja, maksudnya kaya bahasa aku di Jakarta, bahasa sehari-hari gitu, tapi mereka nggak terbiasa, yah sudahlah, mau diapain lagi dan mau digimanain lagi, kita beda. Mudah-mudahan nanti jadi terbiasa dengan segala perbedaan yang ada disini, dan aku harus terima itu.

Ada rapat tentang peraturan di Asrama, semua kumpul di satu ruangan yang sangat besar. Pertama yang dibahas adalah waktu tidur, ya bisa dibilang jam nya tidur. Di asrama ada peraturan kalo tidur , waktunya dimulai dari jam 10 malam, dari habis magrib diwajibkan untuk belajar, bangun tidur jam 5 pagi, ada hukumannya bagi siapa saja yang melanggar, tapi tenang!! ntar dulu. Belon beres peraturannya.
Kedua, piket, masalah kebersihan asrama, udah dibagiin tuh kelompok, siapa-siapa aja yang piket bersih-bersih buat tiap harinya, pokokya semua kebagian deh..hahaa..eh jangan salah, bukan piket bersih-bersih asrama doank loh, ternyata ada piket buat masak di dapur asrama, duh ..masak???ya ampun masak apa, dirumah nggak pernah yang namanya masak, sekarang harus masak. Mending kalo masak buat kita sendiri, nggak! Ni buat satu asrama, kebayang nggak sih “satu asrama” gitu, yang penghuninya banyak banget.
Nah sekarang peraturan bagi yang melanggar tata tertib asrama, bagi siapa saja yang tidur sebelum waktunya jam tidur yaitu jam 10 malam, bakal dikenain sangsi tuh, mau tau sangsinya ngapain?? Bersih-bersih kamar mandi asrama,(uuuuhh tau kan kamar mandi asrama tuh joroknya ..deeuuhh) kalo nggak beres-beres asrama, beresin deh tuh asrama 2 lantai, (buat putri dilantai 1&2, buat pria lantai 3 dan ada asrama lain yang letaknya nggak jauh dari asrama yang berlantai 3 ini) kebayangkan kalo misalnya yang ngelanggar 1 orang, dan harus beres-beres , ngebersihin 2 lantai sekaligus??? Jangan sampe deh dapet hukuman kayak gitu. Pokoknya hukuman bagi yang melanggar ya seperti itu, bersih-bersih sampe asrama kinclong..hahaaha

Keesokan harinya, aku merasa lebih baik dari hari sebelumnya, ya walaupun masih sedih, kepikiran ibu terus, kangen sama mereka. Tapi sekarang, aku coba untuk tidak terlalu meratapi kesedihan itu, nggak berlarut-larut, toh seminggu sekali mereka akan datang , menjenguk aku, melihat keadaan aku.

Eh aku dapet giliran piket masak, hari ke2 di asrama, semangat banget buat pergi ke dapur asrama, disana ada banyak pemandu, ya bisa dibilang gitu, ada bapak-bapak dan ibu-ibu yang siap ngebantu kita buat menyiapkan makanan untuk satu asrama. Seneng banget, ini pengalaman yang luar biasa buat aku, sambil bercanda, ngobrol. Akhirnya makanannya siap untuk dihidangkan (hhaaaaaa..) .
Tau nggak ? kaget waktu mau ngambil makanan ternyata harus ngantri..haha..yang biasanya kalo dirumah, mau makan tinggal ambil, kalo di asrama , harus masak dulu , terus ngantri, seru banget. Kita duduk ditempat yang udah disediain, makan bareng-bareng , nikmatnya, walaupun makanan ini kurang enak dilidahku.

Cepet banget waktu berlalu, oh iya, belum mulai masuk sekolah, karena mulai sekolah hari senin.
Udah malem lagi, waktunya belajar, ada kejadian lucu, peraturan nggak boleh tidur sebelum jam tidur, kalo tidur sebelum waktunya, bakal dapet hukuman besok pagi, tau kan hukumannya kaya apa. Aku aja sampe nggak mau dapet hukuman kaya gitu. Eh tapi ada aja yang ngelanggar, mungkin nggak sengaja, yang namanya ngantuk, siapa sih yang tahan, iya nggak?? Obat ngantuk tuh tidur, Emang sih ni orang tadinya lagi belajar, megang buku, tapi pas bersandar di tembok, eh jadi ketiduran..haha..ada petugas pencatat keburukan seseorang kalo yang melanggar, pasti bakal dicatet namanya , terus besok pagi , abis shalat subuh di umumin deh siapa aja yang udah ngelanggar dan dapet hukuman. Oh sebelum dicatet dikasih teguran sebanyak 3X, kalo udah 3X masih dilanggar juga, berarti harus siap dicatet namanya dan siap nerima hukuman.

Setelah tinggal beberapa hari di asrama banyak kejadian aneh, unik, lucu dan tak terduga. Aku bakal certain tentang asrama, dan kejadian-kejadian di asrama, aku juga bakal certain tentang gimana keadaan sekolah baruku, dan teman-teman baruku, tapi mungkin nggak seseru kejadian di asrama.

Hari pertama masuk sekolah, ada apel pagi, jadi harus sampe kesekolah jam 06.45 emang sih jarak asrama ke sekolah deket banget, Cuma yang bikin lama bukan perjalanan dari asrama menuju sekolah, mau tau?? Baca terus..
Kamar mandi asrama bisa dibilang kecil, Cuma ada beberapa kamar mandi, dan 1 kamar mandi yang luas, itu tempat buat nyuci, dan akhirnya semua orang tumpah ruah di kamar mandi, berebut antrian kamar mandi, huuhh..
Segala di asrama kudu ngantri, hebat nggak si..
Udah dapet tuh giliran mandi, dapet kamar mandi, eh kamar mandi nya licin, aku terpeleset,,,jatoh deh..malu, bukan malu sih, tapi sakit, sampe berdarah, tangan kena kawat ember, duh ada-ada aja, lagi buru-buru.
Udah beres mandi, siap-siap pake baju dan beres-beres semua perlengkapan yang mau dibawa ke sekolah baru (cieee sekolah baru..). oh iya sebelum berangkat ke sekolah ke dapur asrama dulu, ngambil sarapan, asik sarapannya sama roti tawar yang isinya susu cokelat plus minum susu, kenyang. Waktunya berkumpul dilapangan, apel pagi.
Waktu apel pagi ada kejadian menyeramkan..maaf teman, aku baris dibarisan paling depan, eh ada temen aku yang agak aneh, bukan bermaksud untuk menghina ciptaanMu ini Ya Allah, dalem hati aku, pas ngeliat itu orang, “untung nggak baris dibarisan belakang, kalo iya, bisa-bisa aku kabur”hehehee…gk usah diceritain deh bentuknya kaya apa..
Udah gitu, kalo aku, baru kenal sama orang, dan ada orang itu gendut, pasti aku takut, dari dulu sampe sekarang seperti itu, nah waktu baris aku ngeliat ada orang yang gendut banget, aku takut, sampe-sampe aku nggak berani ngeliat dia, dan nggak berani buat kenal dia.
Udah deh , sekarang balik lagi cerita ke asrama, pokoknya udah beres sekolah, dan akhirnya kembali pulang ke asrama.

Cerita apalagi ya..sampe bingung, soalnya banyak banget deh kejadian-kejadian yang lucu, ngeselin, asik, seru, kocak,
Oh iya ni baru inget, kemaren ada adek kelas yang cerita juga tentang asrama tapi ceritanya diFacebook.

Anak asrama tuh punya banyak inisiatif, kreatifitasnya tinggi, kita yang tinggal di asrama nggak pernah dapet sarapan roti bakar, sampe-sampe ada yang inisiatif, nggak tau puny ide brillian dari mana, jadi roti yang biasa kita dapetin yang isinya susu cokelat, kita masukin kedalem kertas, terus kita setrika..kaget nggak?? Hahaa..pas pertama kali tau juga, kok aneh ya..ada-ada aja, digosok terus, bukan roti bakar namanya roti gosok..hahaa..tapi enak juga loh, nikmat dan mantab, cobain deh rasanya roti gosok tuh gimana, pasti ketagihan deh.. asal jangan sampe gosong aja, hati-hati juga tuh setrikaan jadi rusak, gara-gara gosok roti, bukannya gosok baju,hhaaa..

Yang namanya shalat subuh tuh banyak godaannya deh, entah godaan atau gimana, yang jelas, shalat subuh tuh pada nggak beres. Tidur jam 10, bangun pagi jam 5, kalo yang udah biasa sih nggak masalah, coba kalo yang kebiasaan bangun siang, susahnya minta maaf deh, buat ngebanguninnya. Ya termasuk aku, aku juga paling susah loh, kalo dibangunin buat shalat subuh. Pernah ada kejadian, kita udah siap-siap shalat subuh berjamaah, terus, yah namanya juga lagi asik-asiknya tidur, terus dibangunin buat shalat, ya terpaksa (loh kok terpaksa, ya daripada dicatet, nah ini dia, bagi yang tidak melakukan kewajiban shalat bakal dicatet dan dikasih hukuman, duh apa-apa hukuman, jadi sesuatu itu dilakukan bukan karena kesadaran, tapi karena takut hukuman) terpaksa bangun, terus shalat. Udah selesai shalat, tiba-tiba ada yang belum beres shalatnya, loh kok sujud nggak bangun-bangun ..haha..ternyata pas tuh orang lagi sujud, karena masih ngantuk, eh ketiduran, gokil. Akhirnya dibangunin deh sama yang lainnya, duh malu banget deh.. pokoknya kejadian ini sering banget deh, nggak bakal lupa sama kejadian ini.

Kalo yang ini makin lucu lagi, waktunya shalat isya. Ketawa dulu ahh..haha
Perasaan belom cerita masa udah ketawa, itu kebiasaan aku. Jadi gini, waktu mau shalat isya, pastinya berjamaah, dan semua orang yang ngelanggar peraturan, misalnya yang tidur sebelum waktu untuk tidur, dibangunin buat shalat berjamaah, jadi ada temen aku, dia tuh tidur, mungkin capek atau gimana, dibangunin tuh sama temen aku yang tugasnya nyatetin pelanggaran, pas dibangunin berapa kali nggak bangun-bangun juga, dan yang terakhir dibangunin, dan akhirnya bangun juga ni orang, aku belom ambil wudhu, biasa deh , masih asik ngobrol sama temen-temen (daripada tidur, dicatet, terus dapet hukuman, mendingan ngobrol, sebenernya sih nggak boleh, ya apa boleh buat..hhehe) jadi temen aku yang tidur ini, tidurnya di depan lemari, udah gitu, si tugas pencatat bangunin dia, bilang “wudhu”, dan pas temen aku bangun, mungkin belom sadar, jadi pas dia bangun, tiba-tiba dia ngambil posisi kaya orang wudhu, itu dia lakuin di depan lemari, hhhiihi..aku ketawa cekikikan sama temen-temen aku, jadi dia kira lemari itu keran buat wudhu,,ya ampun, ada-ada aja.

Oh iya ada penyakit yang menyebalkan, penyakit anak asrama..gatel-gatel..uuuhh rese, aku kena virus nya dari temen aku, ya ampun , malu banget, tapi akhirnya aku berobat ke Jakarta, dan sembuh..jangan sampe kena penyakit ini lagi.

Pernah tuh, waktu lagi puasa, ada yang piket masak buat saur. gk tau kenapa pas kita makan, makanannya berasa minyak tanah gitu, gimana ya.masa nggak makan, besok puasa, mana tahan , kalo sampe nggak saur, kalo dipaksain makan makanan bau minyak tanah juga nggak enak, dan akhirnya terpaksa nggak makan, ada-ada aja, makanan berasa minyak tanah, hhihi, mungkin yang lagi masak masih ngantuk kali ya..dikiranya minyak goreng, eh ternyata minyak tanah, wadooh kacau..

ehhmm..???Oh iya dulu, jamannya punya kakak angkat, adek angkat gitu di asrama,bukan maksudnya di angkat loh, berat kalo ngangkat orang, bener nggak..hehe..eh aku juga punya loh, kakak angkat cewek, dia baik banget, banyak yang bilang sih aku mirip sama kakak aku ini, eh aku panggil dia teteh. Seneng banget dibilang mirip sama teteh, soalnya teteh cantik.hehe. aku juga punya kakak angkat cowok, perhatian, gk kalah baiknya deh sama teteh. Makasih buat kalian yang udah mau jadi bagian dari hari-hariku. Seneng banget bisa kenal kalian.

Cerita apalagi ya, banyak banget kalo ngomongin masalah asrama, nggak akan ada habisnya, inget sama asrama, kangen sama asrama, nggak akan pernah aku lupa semua tentang asrama, asrama yang udah ngebuat aku jadi tau banyak hal, terima kasih khususnya buat orangtuaku yang udah ngasih banyak hal, terutama untuk tinggal di asrama, yang sebelumnya aku anggap, dan berfikir kalo orangtua nyuruh anaknya untuk tinggal di asrama, jauh dari orangtua, berarti orangtua nggak sayang sama kita, salah ! salah banget, dari situlah kita di didik untuk mandiri, pengalaman yang luar biasa aku dapatkan dan aku alami di asrama, dan belum tentu semua orang bisa merasakan apa yang aku rasakan, seneng bisa kenal sama temen-temen baru dari berbagai daerah, walaupun kita beda, tapi kita tetep satu, sedih karena jauh dari orangtua, tapi pengalaman yang aku dapet , sangat, amat, begitu berharga. Aku jadi mandiri, semua yang biasanya dirumah selalu ibu, ibu yang mengerjakannya, tapi di asrama, aku, hanya aku yang melakukan semuanya, dari mulai mencuci baju, piring, dan segala sesuatu yang harus aku lakukan sendiri.

Tapi sekarang, asrama hanya tinggal sebuah kenangan. Aku hanya bisa bertahan di asrama selama 2 tahun, mungkin karena bangunannya sudah tua, dan tidak kuat untuk menanggung semua orang, daripada terjadi sesuatu yang tidak di inginkan , dan akhirnya asrama pun dibubarkan, sedih banget. Dan kita akhirnya berpisah, nggak satu atap lagi, bisa bareng-bareng Cuma pas disekolah aja, pihak asrama menyarankan kita untuk ngekost atau ngontrak.

Udah dulu deh ceritanya, buat cerita selanjutnya, kita lanjutkan lagi nanti.
Daaaaaaaaahhh..

To be continue..

2 komentar:

Hello Indonesia mengatakan...

Oouu...
jadi pengen maen kesana lagi..
pengen kumpul" bareng lagi d..

[curhat curian]..

lia mengatakan...

eeeeehhhh...
bener banget tuh ..
kangen banget sama suasana asrama..

ya gpp lah ..curcol..haha...

Posting Komentar