Jumat, 08 Oktober 2010

Interaksi Manusia dan Komputer



Pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia Komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari dan membahas hubungan antara manusia dan komputer hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya.
Pengertian Interaksi manusia dan komputer itu sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.

Pada HCI ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmu interdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya.


Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan dari HCI itu sendiri adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), yang artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik , dan aman untuk digunakan. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.

Didalam sebuah program aplikasi terbagi menjadi 2 bagian:
1. Bagian Antarmuka –> Berupa tampilan untuk pemasukan data (input) dan untuk keluaran data (Output)
2. Bagian Aplikasi –> bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasar olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang diisyaratkan oleh aplikasi tersebut.

Sebenarnya tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita sudah berinteraksi dengan komputer, misalnya , dengan menyalakan komputer tersebut kita harus menekan tombol pada cpu, kemudian untuk menghasilkan tulisan-tulisan kita harus mengetik huruf atau angka atau menginput data dengan menekan tombol pada keyboard dan menggerakkan mouse. Dan hasilnya akan terlihat dilayar monitor atau dicetak menggunakan mesin printer.

Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari.


Referensi :
http://jauari88.wordpress.com/2007/10/23/pengertian-interaksi-manusia-komputer/
http://blog.uin-malang.ac.id/dyan/2010/09/28/interaksi-manusia-dan-komputer/


0 komentar:

Posting Komentar