Sabtu, 20 November 2010

Diskusi


Diskusi merupakan salah satu bentuk kegiatan wicara. Dengan bediskusi kita dapat memperluas pengetahuan serta memperoleh pengalaman-pengalaman baru.

Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok diperlukan seorang pemimpin yang disebut ketua diskusi. Tugas seorang ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta mengemukakan simpulan hasil diskusi.

Diskusi yang melibatkan orang banyak dapat berupa diskusi panel, symposium, seminar, lokakarya, serta rapat kerja. Diskusi panel merupakan salah satu bentuk diskusi resmi yang dihadiri oleh orang banyak dan para penelisnya pun golongan cendikiawan dalam bidangnya.
Dalam keterampilan berbicara perlu diperhatikan bahwa penggunaan bahasa tidak hanya mudah ditangkap, sopan, dan tidak menyimpang, tetapi juga mempermudah bertukar pikiran mengenai sesuatu masalah.

0 komentar:

Posting Komentar